Rabu, 28 Februari 2024

Ngopi Di Kunci Kuppi - Kafe Hidden Gem Di Lereng Kawah Ijen, Banyuwangi

Kunci Kuppi

Semenjak tahun 2022, kedai kopi di Banyuwangi mulai bermunculan, baik kedai kopi di daerah Banyuwangi kota, Genteng juga di pelosok desa. Salah satunya adalah Kunci Kuppi yang lokasinya berada di salah satu rumah sudut Desa Banjar Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Kunci Kuppi ini dulunya bernama Kunci Rumah yang lokasinya di baratnya Pasar Licin, namun saat ini sudah pindah di Desa Banjar. Lokasinya agak masuk jalan kecil yang menanjak. Kalau sekarang biasanya lokasi begini disebut hidden gem. Ya menurut saya juga Kunci Kuppi ini salah satu Hidden Gem Kafe di Banyuwangi.


Rute Ke Kunci Kuppi dari Banyuwangi


Rute dari Banyuwangi kota ke Kunci Kuppi ini cukup mudah. Ambil kea rah Kawah Ijen, melewati rel daerah sasak perot, pertigaan patung barong, Pasar Glagah, jalan kelak kelok jelun dan sampai sebelum pasar licin ada persimpangan, ambil belok ke Selatan (belok kiri) ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan ambil lurus sekitar 30 meter akan ada jalan menanjak kiri jalan, ambil jalan menanjak kalian akan sampai di halaman Kunci Kuppi. Kalian juga bisa mengikuti arahan dari Google Maps. Ini Alamat Kunci Kuppi di Google Maps.



Menu yang ditawarkan menarik. Mulai dari kopi dan pilihan kopinya pun beragam. Rasanya sekali datang tidak cukup mencoba semua pilihan kopinya. Jika kalian penyuka single origin pasti bingung dalam memilih kopi. Jika penyuka manis, rasanya memesan Es Kopi Klasik sangat enak dinikmati.

halaman kunci kuppi kafe dan area persawahan

Biasanya mereka buka siang hari hingga malam. Suasana sore ke malam yang menurut saya enak. Cuacanya sejuk, melirik ke jendela bisa melihat area persawahan yang luas, birunya laut Selat Bali. Ada meja dan kursi plastik yang bisa kalian pinjam jika ingin duduk di tepian sawah sambil menikmati area persawahan desa Banjar, Licin tersebut.

sunset di Kunci Kuppi Kafe

Kalau cuaca mendukung cerah, rona merah jingga bisa terlihat menawan dari halaman Kunci Kuppi. Untuk melihat senja dengan jelas, kalian bisa jalan kaki ke sebrang jalan, ke area persawahan sebrang jalan. Disana pemandangannya indah banget, selain bisa melihat senja dengan jelas, pemandangan gunung juga terlihat indah.

Kalau kesini kalian wajib Cobain Roku, Roti Kunci. Salah satu roti andalan dari Kunci Kuppi yang penampakannya mirip dengan Roti Macan yang terkenal di Bandung. Di keseluruhan rotinya tersebar potongan choco/cranberry Chesee, Roku varian cranberry agak kecut, namun rasanya enak jika memakan roti ini ditemani dengan es kopi susu.


Rokku dan Foccacia

Ada juga Foccacia, roti ini sepertinya cuma bisa kalian temukan di Kunci Kuppi. Foccacia ini roti khas daerah italia. Roti ini salah satu roti tertua di Italia dan sepertinya memang cita bakal dari Pizza. Makanya tidak aneh jika rasanya sekilas mengingatkan kepada pizza. Biasanya orang Italia memakan roti ini bersama dengan kopi cappucinno.

Mas Rahmat Owner Kunci Kuppi dan Barista andalannya

Pada awal bulan kemarin Kunci Kuppi mengeluarkan menu Sego Lemang. Sego Lemang ini merupakan nasi yang dibakar di dalam sepotong bambu. Satu porsi Sego Lemang ini akan mendapatkan sambel kecombrang yang punya cita rasa yang khas bikin satu porsi dari Sego Lemang ini bertambah rasanya. Namun untuk memesan Sego Lemang ini kalian harus memesan dahulu h-1 dengan menghubungi via DM akun Instagram Kunci Kuppi.

Gimana? Setelah saya bercerita tentang serunya main ke Kunci Kuppi. Kalian tertarik untuk mampir ke Kunci Kuppi ini? Sekali mampir kalian akan merasa perlu kembali lagi kesana untuk mencicipi makanan dan minuman lainnya.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search